My Script

Welcome to Coretan Hidupku

Kamis, 09 Mei 2013

PENGANTAR MANAJEMEN KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS



          BAB 1
KONSEP DASAR MANAJEMEN BISNIS
A.Manajemen dalam organisasi
  a.  Manajemen dalam orgaisasi
Kata manjemen tampaknya begitu sering di dengar , Manajemen erat kaitannya dengan konsep organisasi . Menurut Griffin 2002, organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur   dan koordinasi tertentu    dalam mencapai serangkaian tertentu. Berbagai organisasi memiliki tujuan yang berbeda-beda  tergantung   pada jenis organisasinya.
     1.Organisai Politik
            Yaitu memiliki tujuan untuk menyalurkan aspirasi rakyat melalui aturan kelembagaan politik tertentu atau  bisa juga organisasi politik bertujuan untuk meraih kursi  kekuasaan sebanyak-banyaknya agar peranya sebagai pembawa aspirasi rakyat dapat  di wujudkan secara optimal.
     2. Organisasi Sosial
            Organisasi ini  memiliki tujuan yang berbeda dengan organisasi politik.  Organisasi social biasa tidak bertujuan untuk menyalurka aspirasi rakyat melalui kegiatan perebutan kekuasaan.  Akan tetapi organisasi sosial bisa jadi bertujuan untuk menjawab  aspirasi rakyat melalui pemberian sumbangan , pelatihan-pelatihan, dan lain sebagainya. Berbeda dengan organisasi politik dan sosial, sebuah universitas adalah adalah sebuah organisasi. Di dalam nya ada sekumpulan orang-orang dari dosen,karyawan, mahasiswa, serta ada tujuan yang ingi di capai oleh universitas misalnya, untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetisi tertentu sehingga dapat menjadi insane yang berguna di masyarakat.
  
  3. Organisasi Bisnis
            Organisasi Bisnis bertujuan untuk memperoleh profit , sekalipun tidak seluruh organisasi bisnis bertujuan untuk profit, namun profit adalah salah satu tujuan yang ingi di capai oleh organisasi bisnis di manapun. Organisasi bisnis adalah sekumpulan orang atau sekelompok orang yang memiliki tujuan untuk meraih profit dalam kegiatan bisnisnya, sehingga mereka   berupaya untukmewujudkan tujuannya tersebut melalui kerja saama dalam organisasi tersebut.  Selain organisasi yang berbeda, organisasi juga terdiri dari berbagai sumber daya yang di milikinya, misalnya ,peralatan, perlengkapan, dan lain-lain. Griffin mengemukakan bahwa paling tidak organisasi memiliki berbagai sumber daya impormasional (informasitional resources ). Manajemen di perlukan ketika terdapat sekumpulan orang-orang (yang pada umumnya memiliki karakteristik perbedaan ) dan sejumlah sumber daya yang harus di kelola agar
tujuan sebuah organisasi tercapai .
b.Pengertian Manajemen
            Kata manajemen  berasal dari bahasa italia (1561) manggiare yang berarti “mengendalikan” pengertian manajemen  menurut Marg Parker  Foler (1997) manajemen is the  art of getting thing done through people, manajemen adalah seni menyelesaikan sesuatu melalui  orang lain. Misalnya sesuatu di seni adalah segala sesuatu yang perlu di lakukan dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Manajemen berasal dari kata tomanage (bahasa inggris ) yang berarti  mengelola atau mengurus . Jika kita mempelajari literature manajemen , maka akan tampak istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu :
1)       Manajemen sebagai suatu proses
2)      Manajemen sebagai kolektifitas manajemen
3)      Dan manajemen sebagai suatu seni dan ilmu

Berikut ini beberapa definisi manajemen yang di kemukakan oleh ahli-ahli :
  a. A.F. Stoner
Manajemen  adalah proses perencanaan ,pengorganisasian, kepemimpinan ,dan pengawasan dari usaha  organisasi untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
 b. Horold koontz dan cyrill o’Domell
            Menejemen sebagai usaha untuk mencapai tujuan tertentu melalui orang lain.
c. Mary Parker Follet
               Manajemen adalah suatu seni  untuk melakukan pekerjaan melalui orang lain.
d. Henry Fayol
              Menurut Henry Fayol dalam bukunya general industrial management, manajemen merupakan proses tertentu yang terdiri dari kegiatan perencanaan, mengorganisasakan, menggerakan sumber daya manusia, dan mengadakan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan.
e. Oey Liang Lee
              Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasain, pengarahan dan pengawasan, tenaga manusia dengan bantuan tenaga alat lain untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
               Dari beberapa pengartian manajemen di atas, dapat di simpulkan bahwa manajemen adalah seni  dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan para anggota organisasi dan penggunaan semua sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan organisasi yang telah di tetapkan terlebih dahulu.
                   Managemen secara pengertian, sebagaimana di kemukakan Mary Parker Foller (1979), adalah seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui oramng lain, management is the art of getting things done through people. Proses penyelesaian atas sesuatu memerlukan tahapan – tahapan.  Bagi sebuiah organisasi bisnis, tahapan-tahapan tersebut bisa berupa perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga pengawasan dan pengendalian.  Berdasarkan tahapan-tahapan ini, maka di kenal pengertian lain dari manejemen yaitu sebagai mana di kemukakan oleh Nickless, Mchugh (1997) The Procces Used To Accomplish Organizational Goals Throught Planning, Organizing, Directing, and Controlling People And Other Organizational Resource. Manajemen sebuah proses yang di lakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang atau sumber daya organisasi lain.
c. Peran Manajemen dalam Organisasi Efektif dan Efisien
                Manajemen sangat di perlukan agar tujuan dari organisasi dapat di capai secara efektif dan efisien. Menurut Pater F. Drucker adalah mengerjakan pekerjaan yang benar (Doing Righ Thing). Sedangkan efisien menurutnya adalah mengerjakan pekerjaan yang benar (Doing Right Things).

B. Manajemen Secara Fungsional dan Operasional
Fungsi-fungsi  Manajemen
            Fungsi-fungsi manajemen adal;ah serangkaian kegiatan yang di jalankan dalam manajemen berdasarkan fungsinya masing-masung dalam mengikuti satu tahapan-tahapan tertentu dalam pelaksanaannya. Fungsi-fungsi manajemen, sebagaimana dinterangkan oleh Nickels McHugh (1997 ), terdiri dari empat fungsi, yaitu :
a. Perencanaan dan planning
                 Yaitu proses yang menyangkut upaya yang di lakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan pembantukan strategi dan teknik yang tetap untuk mewujudkan target atau organisasi.Yaitu, bagaimana merencanakan bisnis yang ramah lingkungan , bagaimana merancang organisasi bisnis yang mampu bersaing dalam persaingan global, dan lain sebagainya.
b. Pengorganisasian atau Organizing
                  Yaitu proses yang menyangkut bagaimana strategi dan teknik yang telah di rumuskan dalam perencanaan di desaian dalam sebuah struktur organisasi yang cepat dan tangguh, system dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan bisa memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi bisabekerja secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi.
c. Pengimplementasikan atau Directing
Yaitu proses implementasi program  agar bisa di jalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dengan produktivitas yang tinggi.
d. Pengendalian dan Pengawasan atau Controlling
Yaitu proses yang di lakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah di rencanakan, di organisasikan, di implementasikan bisa berjalan sesuai dengan target yang di harapkan sekalipun sebagai perubahan terjadi dalam lingkungan bisnis yang terjadi.
                  Greffin mengemukakan fungsi manajemen adalah perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), kepemimpinan (leading), dan pengawasan (controlling),. Sekalipun para ahli menejemen tersebut memiliki perbedaan pandangan dalam melihat fungsi-fungsi manajemen, akan tetapi esensi yang sama, bahwa:
1.      Menejemen terdiri dari tahapan-tahapan tertentu yang berfungsi untuk mencapai tujuan organisasi.
2.      Setiap tahapan memiliki keterkaitan satu sama lain dalam pencapaian tujuan organisasi.
KEGIATAN-KEGIATAN DALAM FUNGSI MANAJEMEN
a. Fungsi perencanaan (planing)
 1. Menetapkan tujuan dalam target bisnis
 2.  Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut
 3.Menenetukan sumber daya yang di perlkukan
4. Menetapkan standar atau indicator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis
b. Fungsi pengorganisasian (Organizing)
1.      Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapka tugas dan prosedur yang di perlukan      menetapkan struktur ortganisasi yang menunjukan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab
2.       Kegiatan pengrekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan SDM
3.       Kegiatan penetapan SDM pada posisi yang paling cepat
c. Fungsi Pengimplementasian
1.      Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan
2.       Membari tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan
3.      Menjelaskan kebijakan yang di tetapkan
d. Fungsi pengawasan
1.      Mengevalusi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dalam target bisnis sesuai dengan indicator yang telah di tetapkan
2.      Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi penyimpangan yang mungkin di temukan
3.       Melakukan berbagai alternatif solusi dari berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis